Skip to main content

Siapa yang bisa jadi lawan kuat Jokowi?

Siapa Lawan Pak Jokowi di Pilpres 2019? Menurut saya Prabowo Subianto akan sangat susah melawan Jokowi yang sudah banyak menarik hati rakyat. Kalau Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo? Saya yakin susah juga, apalagi beliau baru digadang-gadang didukung oleh partai kecil. Kalu digabungkan Capres dan Cawapres Prabowo dan Gatot, kemungkinan menang jadi Presiden juga susah dan pasti kalah telak dari Bapak Joko Widodo.

Melatih Kebebasan Berpendapat

Melatih Kebebasanberpendapat harus dari sejak dini. Tidak hanya bagi kalangan orang tua saja, anak kecil pun harus kita didik untuk belajar berargumen. Hal ini positif bagi perkembangan kecerdasan mereka, dan keberanian dalam berbicara. Mau benar atau salah, kita para orang tua harus menyikapinya secara positif. Beri penjelasan kepada mereka mana yang benar dan mana yang kurang tepat. Pendapat itu tidak ada yang salah, tergantung dari sudut pandang kita sendiri.





Melatih kebebasan berpendapat dari sejak dini seperti pada kejadian yang saya alami. Pada hari kemarin, tepat di halaman depan rumahku, ada sekelompok anak kecil yang mau berantem. Kejadiannya sore hari, saya perhatikan dan sengaja tidak langsung melerai mereka. Ada hal yang unik, sebelum mereka berantem, ternyata beradu argumen dulu. Satu anak lawan tiga, anggap saja yang mau berantem itu namanya Ihsan dan Rony, sedangkan temannya ihsan ada dua orang yaitu heru dan feri. Argumennya seperti berikut:

Rony : Kenapa kamu megang kepala saya
Ihsan : Kamu mau dipukul sama saya
Rony : Emank kamu nggak takut, saya bilangin ma ibu loh
Ihsan : Nggak, emank yang punya Ibu kamu doank, saya juga punya
 (Mungkin kalau ini benar, kayaknya Ibu mereka bakal pada berantem, seru kali yah!! Hahaha..)
Rony : Kamu nggak takut masuk neraka, saya punya Alloh
Ihsan : bingung ngejawab, lalu temannya nyeletuk
Heru : Udah San, pukul saja dia, emank Alloh mau nolongin dia gituh, lagian di sini dekat sama rumahku, jadi kalau ada apa-apa tinggal manggil Bapak saya saja.
Feri : Bener San, pukul saja biar kapok, Alloh kan punya kita semua bukan punya dia saja. Jangan takut!

Ketika si Ihsan mau memukul Rony, saya langsung melerai mereka dan menyuruh jangan berkelahi lagi. Akhirnya mereka pergi semua.

Sedikit saja pesan moral dari cerita percakapan di atas, yaitu ada hal-hal positif dari dalam diri mereka. Ketika mereka beradu Argumen, mereka setidaknya sudah belajar mengemukakan pendapat, ini hal yang positif loh menurut saya. Namun, ada kalanya kita harus melerai mereka supaya tidak melebihi batas. Bagaimana dengan Anak Anda, apakah sudah dilatih kebebasan berpendapat?

Comments

Popular posts from this blog

100 Lagu Dangdut Bernuansa Galau

Indonesia memang identik dengan lagu dangdut. Benar kata Project Pop “Dangdut is The Music Of My Country”. Lagu dangdut memang harus terus dilestarikan namun sisi-sisi negatifnya seperti atraksi panggung yang bernuansa tarian ero*is dan mempertontonkan ping*ul sek*i dan memakai baju yang transparan atau desain baju yang minim harus dihilangkan.

100 Perlombaan Untuk Anak

Perlombaan Anak atau Permainan anak adalah kegiatan positif dan kreatif untuk mengasah daya pikir dan mengasah keterampilan seorang anak. Lomba atau permainan anak diselenggarakan dan diadakan untuk memuaskan perwujudan hakikat seorang anak yang senang bermain, senang berkumpul, senang bergaul dengan anak lain agar kemampuan komunikasi, berfikir, dan daya kepemimpinan anak tumbuh dengan baik.


100 Lagu Trend Remaja Bernuansa Galau

Ketika hati bimbang, ketika perasaan diselimuti kabut, dan ketika suasana di sekitar kita sedang tidak bersahabat. Sedang bertengkar sama pasangan, sedang patah hati, atau ketika anda sedang menghadapi suatu masalah besar. Hidup seakan menjauh dari kita, cinta seakan-akan menghancurkan semangat anda, dan hati seakan-akan terjebak diantara duka dan luka. Itulah yang namanya Galau.